Sukses Jadi Mahasiswa Baru

Perbedaan utama dan pertama ada pada sistem pendidikan di kampus yang menekankan kemandirian kepada para mahasiswa. Menjadi mahasiswa berarti menjadi mandiri, dalam menentukan rencana studi, menentukan pola dan sistem belajar, hingga mengurus berbagai administrasi perkuliahan di kampus.

Agar tidak terlalu kaget, berikut beberapa kiat yang bisa diterapkan mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan pendidikan tinggi.

Kuliah

1. Datang ke kelas tepat waktu.
2. Jangan membolos. Tidak masuk kelas hanya akan membuat mahasiswa kewalahan karena harus mengejar pelajaran.
3. Fokus belajar. Jangan berbalas pesan pendek (SMS atau BBM) selama di kelas, begitu juga dengan email.
4. Belajar menulis dengan baik. Tugas-tugas kuliah menuntut mahasiswa mampu menulis dengan baik. Kemampuan ini mutlak dimiliki semua mahasiswa, tidak peduli apa pun jurusan yang diambilnya.
5. Kerjakan tugas dengan baik dan penuhi deadline. Jangan lupa untuk belajar dari kesalahan ketika mengerjakan tugas. Dosen biasanya akan memberi catatan di tugas mahasiswa tentang apa saja yang perlu mereka perbaiki.
6. Belajar lebih awal, termasuk dalam mengerjakan tugas. Jangan membiasakan belajar di malam sebelum ujian, cicillah sejak awal semester.
7. Jangan menyontek. Ketidakjujuran dalam dunia akademik akan mendapatkan penalti keras. Menyontek atau plagiat akan membuat seorang mahasiswa dipecat.
8. Jangan menjual buku kuliah yang sudah tidak dipakai, terutama jika buku-buku itu relevan dengan jurusan yang diambil.

Kampus

1. Ambil mata kuliah di luar zona nyaman. Beberapa kampus ada yang membolehkan mahasiswanya mengambil mata kuliah di luar jurusan yang mereka pilih. Manfaatkan kesempatan ini untuk memuaskan rasa ingin tahu dan memperluas pengetahuan. Termasuk dalam hal ini adalah mengambil jurusan atau mata kuliah sesuai keinginan sendiri, bukan keinginan orangtua atau orang lain.
2. Belajar teratur. Manfaatkan buku agenda atau kalender untuk mencatat berbagai janji dan deadline yang harus dipenuhi. Hal ini juga termasuk untuk memenuhi janji tepat waktu.
3. Temukan tempat yang menyenangkan untuk belajar. Manfaatkan perpustakaan kampus.
4. Akui kesalahan, baik kepada dosen maupun teman. Mengakui kesalahan memang akan membuat malu, tetapi hal ini justru membebaskan.
5. Hidup sehat. Makanlah secara teratur dan konsumsi makanan yang menyehatkan. Jangan lupa rutin berolahraga dan tidur yang cukup.
6. Berhati-hati dengan teknologi dan situs-situs jejaring sosial. Mereka bisa jadi tidak sehat dan membuat mahasiswa ketagihan.
7. Habiskan liburan di kampus. Isilah liburan dengan bekerja paruh waktu, mengerjakan proyek bersama dosen, dsb.
8. Telepon rumah dan orangtua untuk memberi dan bertanya kabar secukupnya.
9. Kuliahlah ke luar negeri.
10. Jika ada yang tidak beres, kunjungi dan berkonsultasilah dengan konselor di kampus. Jangan khawatir, kerahasiaan dijamin.
11. Bukalah pikiran seluas-luasnya dan bersiap menerima berbagai pengetahuan baru.
12. Pastikan jadwal UAS sebelum memesan tiket pulang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s